_MACAM-MACAM KABEL JARINGAN_

                                     _MACAM-MACAM KABEL JARINGAN_
Ok kemarin-kemarin gw udah jelasin pengertian Jaringan Komputer , Untuk kali Ini gw akan bahas tentang macam - macam kabel jaringan.


  • PENGERTIAN KABEL JARINGAN
              Kabel jaringan adalah suatu alat penghubung dari suatu alat ke alat lain contohnya komputer dengan komputer.

     Sebenarnya banyak jenis-jenis kabel jaringan , tetapi kali ini gua akan jelasin secara singkat jelas dan padat.

  1. Kabel UTP
  2. Kabel STP
  3. Kabel Coaxial
  4. Kabel Pigtail
  5. Kabel Fiber Optik / Serat Optik , Dan masih bnyak lagi
  •    KABEL UTP DAN STP
             Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ), kabel Twisted Pair terjadi dai dua kabel yang diputar Enam kali per-inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten nama yang umum digunakan Untuk kawat ini adalah IBM jenis/kategori 5. secara singkat kabel UTP adalah murah dan mudah dipasang , dan bias berkerja untuk jaringan skala kecil. Biasanya kabel ini khusus untuk tranmisi data , kalian bias Lihat inilah kurang lebih bentuknya Kabel UTP.

  •   KABEL COAXIAL
               Kabel ini terdiri atas dua kabel yang diselubingi Oleh dua tingkat Isolasi tingkat Isolasi pertama adalah paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Tingkat pertama Ini dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik.sedangkan bagian inti digunakan untuk transfer data adalah bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastic sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel, beberapa jenis kabel coaxial yang lebih besar dari pada yang lain. Makin besar kabel , makin besar kapasitas datanya , lebih jauh jarak penjangkauannya dan tidak begitu sensitive terhadap interferensi listrik, kalian bisa lihat di bawah Ini.
    
  •   KABEL PIGTAIL

             Kabel Ini digunakan Untuk menghubungkan radio pemancar dengan Antene Outdor. Pigtai dibuat masksimum 60cm untuk menghindari kehilangan koneksi ( Loss connection ) yang tinggi. Kabel Ini juga disebut kabel Jumperl dibutuhkan untuk menghubungkan antene Omni dengan access point , pada kedua Ujung kabel terdapat konektor dimana type konektor yang melekat pada access point.

  •  SERAT OPTIK
           Kabel serat optic mengirim data sebagai pulsa cahaya melalui kabel serat optic. Kabel serat optic mempunyai keuntungan yang menonjol bibanding dengan semua pilihan kabel tembaga. Kabel serat optic memberikan kecepatan tranmisi data tercepat dan lebih reliable. Karma jarang terjadi kehilangan data yang terjadi oleh interferensi listrik, kabel serat optic juga sangat tipis dan fleksibel sehingga lebih mudah dipindahkan dari pada kabel yang tembaga yang berat.


gambar 0.5

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes